Edy Toyibi

Blog pribadi Edy Toyibi

4 April, 2009

Filed under: Politik — edytoyibi @ 8:25 am

Radar Bojonegoro

[ Sabtu, 21 Maret 2009 ]
Tren, Anak-Anak Ikut Kampanye

Kampanye pemilu legislatif (pileg) yang diikuti anak-anak kini menjadi tren. Tampaknya banyak parpol yang tak mengindahkan peraturan agar tidak mengikutsertakan anak-anak dalam kampanye.

Di Tuban, baru empat hari pelaksanaan kampanye, Panwas Tuban sudah menemukan sejumlah parpol yang mengikutsertakan anak-anak dalam kampanye. “Kami menemukan banyak bukti di lapangan,” kata anggota Panwas Tuban Edy Toyibi kemarin (20/3).

Menurut dia, anak-anak yang mengikuti kampanye itu rata-rata membawa atribut atau mengibarkan bendera salah satu parpol. “Sesuai UU No 10/2008 pasal 84 ayat 2 huruf j tentang Pelaksana Kampanye, dalam kegiatan kampanye dilarang mengikutsertakan warga negara Indonesia yang tidak memiliki hak pilih,” tegasnya.

Jika dilanggar, lanjut Edy, hal itu hanya melanggar administrasi pemilu. “Jadi, sekarang masih banyak ditemukan anak-anak yang disertakan dalam kampanye,” tegasnya.

Edy mencontohkan, saat kampanye partai Golkar di Gedongombo (17/3) terdapat sebagian anak memakai kaos partai. Selain itu, saat kampanye PKS di Kerek pada Kamis (19/3) pun ditemui sebagian anak memakai kaos partai. Tak hanya itu, pada kampanye PKB di Plumpang (19/3) didapati hal serupa. “PNI Marhain di Simorejo, Kecamatan Soko, juga ada sebagian anak-anak yang memakai kaos,” imbuhnya. (zak/jpnn/end)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s