Edy Toyibi

Blog pribadi Edy Toyibi

4 April, 2009

Filed under: Politik — edytoyibi @ 8:43 am

Cari:

Caleg Golkar Sebar Buku, Kepala SMAN 1 Tuban Diperiksa

detikcom – Minggu, Maret 29

Gara-gara lingkungan sekolahnya dipakai menyebarkan buku dan stiker Caleg Partai Golkar, Kepala SMAN 1 Tuban Suprapti diperiksa Panwaslu Kabupaten Tuban di Sekretariat Panwaslu setempat, Sabtu (28/3/2009).

Selain Suprapti, Panwaslu juga memeriksa Muhammad Sholeh, seorang PNS dari Dinas Pendidikan Tuban yang bertindak sebagai panitia penyelenggara pembinaan guru SMA dan SMK se Tuban di aula SMAN 1 Tuban. Acara yang digelar pada, Jumat (27/3/2009) itu, ternyata menjadi ajang sosialisasi pembagian stiker Caleg DPRD Jatim dari Partai Golkar, Fredi Poernomo SH.

Stiker berisi gambar dan nama caleg nomor urut 1 di Dapil Tuban-Bojonegoro tersebut, dimasukkan dalam buku Teknis Budidaya 23 Tanaman Unggulan yang bagian sampul belakangnya bergambar Partai Golkar. Buku disiapkan di meja panitia dan dibagikan kepada sekitar 100 lebih undangan yang hadir.

Kasus ini juga menyeret Kepala SMAN 3 Tuban, Wigati dan Satpam SMAN 3 Sukadi. Keduanya dimintai keterangan sebagai saksi karena dianggap mengetahui tindak pelanggaran undang-undang pemilu tersebut. Terlebih Sukadi yang membagi-bagikan buku yang di dalamnya berisi stiker tadi.

Ketua Panwaslu Tuban, Minan yang ditemui wartawan menyatakan, kasus penyebaran buku berisi stiker Caleg Partai Golkar itu merupakan pelanggaran undang-undang. Masalah ini diproses sesuai aturan hukum yang berlaku.

“Setelah pemeriksaan awal di Panwaslu, masalah ini akan dilimpahkan ke Gakumdu (Penegakan Hukum Terpadu) di Polres Tuban. Ini menurut hasil pemeriksaan dan temuan Panwaslu merupakan bentuk pelanggaran undang-undang,” kata Minan di samping Edi Toyibi, Anggota Panwaslu Tuban usai pemeriksaan di Sekretariat Panwaslu Tuban.

Sesuai temuan Panwaslu, stiker caleg yang dimasukkan dalam buku tersebut dibagi kepada 100 lebih peserta acara Dinas Pendidikan Tuban bertajuk pembinaan dinas di aula SMAN 1 Tuban. Tumpukan buku tersebut, diletakkan di atas meja panitia di samping berkas materi pembinaan yang dibagikan kepada peserta.

Sementara Kepala SMAN 1 Tuban Suprapti menolak saat dimintai konfirmasi wartawan yang sudah mangkal di Panwaslu Tuban. “Semua sudah saya sampaikan ke Panwaslu, tanya saja kepada mereka,” katanya usai pemeriksaan di Panwaslu Tuban.

Selebihnya perempuan kepala sekolah ini meninggalkan tempat pemeriksaan, tanpa memberi konformasi lebih detail tentang masalah yang menimpanya.

Sedangkan Muhammad Sholeh dalam pemeriksaan mengaku, pembagian buku yang di dalamnya terdapat stiker caleg tersebut tanpa sepengetahuan panitia. Sekalipun buku-buku tersebut menumpuk di atas meja panitia, berdampingan dnegan berkas materi pembinaan.

Untuk sementara, Panwas masih berdasar dengan UU nomor 10 tahun 2008 pasal 84 ayat 1 huruf h yang menyebutkan tetang pelarangan menggunakan tempat pendidikan untuk berkampanye. Tapi, tidak menutup kemungkinan ada unsur pelanggaran lain yang berhasil ditemukan setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut dan pemeriksaan terhadap para saksi.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s