Edy Toyibi

Blog pribadi Edy Toyibi

surabaya pagi.com 4 April, 2009

Filed under: Lingkungan — edytoyibi @ 8:45 am
09 April 2008, 0:06

Diam-diam Semen Gresik Perluas Penambangan

Warga 5 Desa Terancam Kehilangan Penghasilan

TUBAN – Diam-diam PT Semen Gresik (SG) berencana melakukan perluasan area penambangan seluas 800 hektar di lima desa Kecamatan Merak Urak dan Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Kelima desa yang jadi sasaran perluasan area itu diantaranya di Desa Tahulu, Kapu Turi Wetan dan Turi Kulon dan Desa Tegalrejo. Rencana PT SG ini terungkap dalam rapat tertutup dengan Pemkab Tuban di Gedung Korpri Pendopo Tuban, 11 Maret lalu.
Terkuaknya rencana perluasan area penambangan yang dilakukan PT SG ini, berawal dari desas-desus dan tercium kalangan lembaga swadaya masyarakat (LSM) di Tuban. Kartono (25), warga Desa Tahulu, Kecamatan Merak Urak, mengaku terkejut ketika diberitahu Surabaya Pagi kemarin siang (8/4).

“Duh, saya terkejut sekali mendengar rencana PT SG ini. Sebab, jauh sebelum rencana ini, PT SG melalui anak perusahaannya (PT United Tractor Semen Gresik — PT UTSG) sudah melakukan penambangan di Desa Karanglo Kecamatan Kerek dan Sumberarum, yang diresahkan banyak masyarakat, gara-gara kompensasi yang tidak jelas. Padahal, dampak kerugian yang dirasakan masyarakat setempat sangat jelas sekali, baik material maupun dampak sosial lainnya,” ungkap Kartono penuh prihatin.

Dijelaskan Kartono, 10 tahun lebih warga di sekitar area penambangan yang dilakukan PT UTSG dirugikan, semisal area pertanian menjadi rusak, sumber mata air tercemar dan bahkan menyusut. “Kalau sekarang mau dilakukan perluasan area penambangannya, tentu dampaknya akan lebih jauh lebih luas lagi,” keluh alumni Universitas Sunan Bonang Tuban ini menambahkan.

Menurut catatan Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) CAGAR Tuban, Edy Toyibi, bahwa rencana perluasan area penambangan ini akan merusak sektor pertanian dan lingkungan hidup yang ada di lima desa serta akan mengancam hilangnya sumber penghasilan sekitar 10.000 warga. Yang jelas, mata air Gua Srunggo di Merak Urak akan rusak.

Padahal, sumber mata air dari Gua Srunggo ini selama bertahun-tahun telah mengaliri enam sungai yaitu: Sungai Menengan (Desa Jegulo), Sungai Ngacir (Desa Sumber), Sungai Marjanan dan Sungai Guosari (Desa Domas), Sungai Sumber rejo dan Sungai Guyangan (Desa Sugihwaras).

“Bisa dibayangkan, kalau hulu mata air di Gua Srunggo sudah rusak dan tercemar, maka masyarakat di sekitarnya akan sangat merugi,” kata Edi Toyibi, kemarin.

Selain itu, lanjut Toyibi, sejauh ini mata air dari Gua Srunggo ini menjadi tumpuan penghasilan petani dan petambak di lima desa tersebut. Selain mengaliri 6 sungai itu, kata Toyibi lagi, juga mengaliri 18 irigasi yang mendistribusikan air ke persawahan seluas 6.000 hektar dan 100 hektar tambak.

“Itu sebabnya, kalau rencana itu jadi dikabulkan Pemkab Tuban, maka ekosistem di sekitar area lima desa tersebut menjadi rusak dan ribuan masyarakat akan kehilangan penghasilan,” ungkap Toyibi.

Sementara itu, pihak eksekutif dan legeslatif Tuban belum bisa dikonfirmasi. “Selama dua hari ini (Senin dan Selasa, 7-8/4, red.) semua anggota dewan sedang melakukan kunjungan kerja ke Lumajang dan Malang untuk melakukan studi banding,” kata petugas sekretariat DPRD Tuban. Sedang Kasi Humas Dinas Infokom Tuban, Sukristiono SH ketika dihubungi via handphone sedang tidak di tempat. “Maaf, bapak sedang pergi dan lupa membawa handphone. Ini saya, istri Pak Sukristiono yang sedang menerima telepon Anda,” jawab isteri Sukristiono saat menerima telepon Surabaya Pagi kemarin. gas

Berita Terkait :

Baca Juga :

if(typeof(urchinTracker)!=’function’)document.write(‘<sc’+’ript src=”‘+
‘http’+(document.location.protocol==’https:’?’s://ssl’:’://www’)+
‘.google-analytics.com/urchin.js’+'”></sc’+’ript>’)

_uacct = ‘UA-5636619-2’;
urchinTracker(“/1079408088/goal”);

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s